EXIT "Jangan Lupa Klik Like/Suka ya..!!! Biar Selalu Mendapatkan Info Terbaru"
Design by : Pendidikan & Teknologi
VISIT ACEH 2019 - WELCOME TO MY SITE "ALUE CAPLI"

Minggu, 01 Juli 2012

Cara membobol password BIOS komputer


Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membobol password BIOS komputer agar reset kembali ke setting defaultnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
Melepas baterai CMOS
Dengan cara men-jumping motherboard
Menggunakan MS DOS command
Menggunakan software tertentu
Menggunakan Backdoor BIOS password
Oke, sekarang saya akan jelaskan satu persatu.
1. Lepaskan baterai CMOS
Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.

Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.

2. Dengan melakukan jumping motherboard
Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS termasuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.

Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagi soket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.
Perhatian! Lakukan langkah ini dalam kondisi komputer mati dan kabel power dicabut. Jangan lupa menempatkan posisi soket jumper ke posisi semula (tancapkan pada pin 1 dan 2) sebelum menyalakan komputer. Kelalaian akan hal ini akan menyebabkan rusaknya chip BIOS dan komputer Anda akan mati total!
3. Menggunakan MS DOS command
Cara ini hanya bekerja jika komputer bisa booting dan masuk ke sistem, jadi hanya password BIOS yang terproteksi. Jika boot komputer yang terproteksi, maka cara ini tidak bisa digunakan. Langkah ini menggunakan disket/CD/USB yang berisi program MS DOS. Silahkan jalankan MS DOS, kemudian bukalah command prompt dan ketikan perintah ini satu per satu:
debug
o 70 2E
o 71 FF
quit
Catatan: karakter o adalah huruf “o” dan bukan nomor “0” (nol).

Setelah mengetikkan command di atas restar komputer. Setting CMOS dan password BIOS telah direset ke default.
Command yang ditulis di atas sebenarnya langkah dari program debug MS DOS:
- command “o” memberikan nilai tertentu ke port IO (input output)
- angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memory CMOS
- perintah FF memberitahukan CMOS bahwa ada invalid checksum dan otomatis akan dilakukan reset terhadap setting CMOS termasuk password BIOS
4. Menggunakan software
Jika tidak ingin repot melakukan langkah di atas, Anda bisa melakukan reset CMOS dan password BIOS menggunakan software berikut ini dengan beberapa klik. Silahkan download yang ini: CmosPwd atau yang ini KillCMOS.
5. Banyak produsen BIOS yang menyertakan password BIOS di dalam chipnya. Master password ini sebenarnya digunakan untuk keperluan testing atau troubleshooting. Cobalah memasukkan password default pabrikannya dari daftar di bawah ini. Saya tidak tahu apakah ada perubahan mengenai master password BIOS ini, tetapi tidak ada salahnya dicoba. (eh, banyak teknisi yang malah gak tau tentang ini lho!)
AMI BIOS Passwords:
A.M.I.
AAAMMMIII
AMI?SW
AMI_SW
AMI
BIOS
CONDO
HEWITT RAND
LKWPETER
MI
Oder
PASSWORD
AWARD BIOS Passwords:

01322222
589589
589721
595595
598598
ALFAROME
ALLy
aLLy
aLLY
ALLY
aPAf
_award
award
AWARD_SW
AWARD?SW
AWARD SW
AWARD PW
AWKWARD
awkward
BIOSTAR
CONCAT
CONDO
Condo
d8on
djonet
HLT
J64
J256
J262
j332
j322
KDD
Lkwpeter
LKWPETER
PINT
pint
SER
SKY_FOX
SYXZ
syxz
shift + syxz
TTPTHA
ZAAADA
ZBAAACA
ZJAAADC
PHOENIX BIOS Passwords:
BIOS
CMOS
phoenix
PHOENIX
Passwords umum/sembarang:
ALFAROME
BIOSTAR
biostar
biosstar
CMOS
cmos
LKWPETER
lkwpeter
setup
SETUP
Syxz
Wodj
BIOS Passwords untuk pabrikan lain:
Biostar – Biostar
Compaq – Compaq
Dell – Dell
Enox – xo11nE
Epox - central
Freetech – Posterie
IWill – iwill
Jetway – spooml
Packard Bell – bell9
QDI – QDI
Siemens – SKY_FOX
TMC – BIGO
Toshiba – Toshiba
VOBIS & IBM – merlin

Catatan: semua password bersifat case-sensitive dan bisa diubah kapan saja oleh produsen.
Bila menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan menyebarkannya dengan meng-copy link berikut. Atau cukup klik sekali tombol Google Plus One di bawah. Terimakasih!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by EduTech | Design by SangBlogger and VideoCreator