EXIT "Jangan Lupa Klik Like/Suka ya..!!! Biar Selalu Mendapatkan Info Terbaru"
Design by : Pendidikan & Teknologi
VISIT ACEH 2019 - WELCOME TO MY SITE "ALUE CAPLI"

Minggu, 01 Juli 2012

Cara Mereset Password Bios


Untuk masuk pada settingan BIOS / CMOS, biasanya dilakukan dengan menekan tombol delete pada saat booting. Ada juga yang dilakukan dengan menekan tombol F2 pada keyboard saat booting. Tiap jenis atau merk Motherboard mungkin berbeda-beda. Didalam BIOS atau CMOS ini kita bisa melakukan pengaturan Hardware, pengaturan peripheral harddisk atau cdrom maupun removable media yang lain untuk melakukan booting. Bisa juga digunakan untuk melakukan pengaturan disable atau enable audio, pengaturan clock (CPU speed) dan lain-lain. Sebaiknya sahabat berhati-hati untuk melakukan setting pada CMOS/BIOS ini.
 
Untuk menjaga pengaturan BIOS atau CMOS agar tidak bisa dirubah oleh orang lain biasanya dilakukan proteksi dengan memberi password. Tetapi kadangkala karena jarang dibuka pengaturan BIOS maupun CMOS kita menjadi lupa nama passwordnya. Nah kalau begini bagaimana untuk melakukan perubahan pada setting BIOS / CMOSnya ? Jadi bingung, bukan ??? … ( kan !!! )

Hal tersebut diatas bisa juga menimpa pada siapapun juga. Untuk bisa menembus password atau bisa masuk pada BIOS maka yang dilakukan adalah dengan reset setting BIOS atau CMOS tersebut.

Cara untuk reset password setting BIOS atau CMOS bisa dilakukan dengan cara :
1.       Dengan menggunakan jumper pada motherboard

Hampir semua motherboard terdapat jumper yang bisa digunakan untuk reset setting BIOS / CMOS. Letak jumper pada motherboard mungkin tidak sama antara motherboard yang satu dengan yang lain. Tetapi biasanya masih berdekatan dengan letak battery CMOS.
Setelah jumper ditemukan, disana terdapat tiga pin dan jumper akan berhubungan antara pin yang ditengah dengan salah satu pin yang lain. Lepaskan jumper kemudian pasang antara pin yang ditengah dengan pin lain yang berlawanan. Misalnya saat awal pin yang tengah berhubungan dengan pin sebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang jumper antara pin yang ditengah dan pin sebelah kanan. Setelah itu tunggu beberapa saat kemudian kembalikan lagi pada kondisi semula.
2.       Melepas dan memasang kembali battery CMOS.


Banyak dari motherboard yang menggunakan battery CMOS untuk menyimpan semua settingan CMOS atau BIOS. Untuk reset settingan BIOS buka casing computer kemudian lepas battery CMOS selama 15 – 30 menit dan pasang kembali.

Pastikan sebelum melakukan 2 hal tersebut diatas, komputer tidak terhubung dengan listrik
Selamat mencoba semoga berhasil ==================>>>>
Related search :
Cara reset pengaturan BIOS / CMOS, cara reset setting BIOS/ CMOS, cara reset pasword CMOS / BIOS, cara mengembalikan setting BIOS ke default, melepas battery CMOS, Jumper CMOS, cara setting BIOS, cara masuk ke pengaturan BIOS / CMOS, cara mengatasi pasword CMOS yang terlupakan, Cara mengganti battery CMOS di motherboard, cara mengembalikan setting CMOS ke default seperti semula, lupa password CMOS / BIOS, letak jumper CMOS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by EduTech | Design by SangBlogger and VideoCreator